Ilmu Dakwah, Tazkiyatun Nafs

Bangunan Islam

Islam adalah agama para nabi dan rasul seluruhnya. Dari semenjak Nabi Adam hingga risalah terakhir yang dibawa oleh Nabi...

Written by umws · 1 min read >

Islam adalah agama para nabi dan rasul seluruhnya. Dari semenjak Nabi Adam hingga risalah terakhir yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW. Allah SWT telah menegaskan dalam Alquran.

Dia menyatakan melalui lisan Nabi Nuh.

Jika kamu berpaling (dari peringatanku), aku tidak meminta upah sedikitpun dari padamu. Upahku tidak lain hanyalah dari Allah belaka, dan aku disuruh supaya aku termasuk golongan muslimin (orang-orang yang berserah diri (kepada-Nya))”. ( yunus : 72 )

Dia juga menyatakan melalui lisan Nabi Ibrahim.

Dan Ibrahim telah mewasiatkan ucapan itu kepada anak-anaknya, demikian pula Ya’qub. (Ibrahim berkata): “Hai anak-anakku! Sesungguhnya Allah telah memilih agama ini bagimu, maka janganlah kamu mati kecuali dalam memeluk agama Islam”.
(albaqoroh : 132)

Ada banyak banyak riwayat pengetian islam yang dijelaskan oleh Rasulullah SAW. Akan tetapi keseluruhan riwayat tersebut dirangkum dalam hadist Rasulullah SAW berikut.

Perawi yang lima kecuali bukhari meriwayatkan dari Rasulullah SAW bahwa beliau bersabda,

“Islam adalah bersyahadat bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan Muhammad adalah hamba-Nya serta Rasul-Nya, mendirikan sholat, memberikan zakat, puasa pada bulan ramadhan dan menunaikan haji jika mampu.”

Dalam riwayat lain
“Islam dibangun di atas lima perkara : syahadat bahwa tidak ada tuhan selain Allah dan bahwa Muhammad adalah Rasul-Nya, mendirikan shalat, mengeluarkan zakat, menunaikan ibadah haji dan puasa di bulan ramadhan.” (HR muslim dan tirmidzi)

Hadist ini menjelaskan bahwa bangunan islam berdiri diatas kelima rukun ini. Sehingga kelima hal ini adalah pokok pokok Islam, tetapi bukan tidak dapat dikatakan sebagai totalitas Islam. Meskipun pokok itu adalah bagian dari bangunan.

Bagi seorang muslim yang telah mengerjakan 5 hal dari rukun tersebut tentu dia telah selamat secara individu. Akan tetapi Islam memiliki pengertian yang luas. Ketika anda baca Alquran dan Hadist Rasulullah akan didapati bahwa segala aspek kehidupan ada bahasannya. Islam adalah segala macam hal yang ada di dalam alquran dan hadist Rasulullah SAW yang membentuk sebuah bangunan kendaraan yang kokoh dan megah dimana ketika umat manusia berada di dalamnya akan merasa aman dan selamat sampai pada tujuan penciptaannya. Bangunan ini telah ada sejak zaman Rasulullah SAW dan akan terus ada sampai hari kiamat. Akan selalu ada yang senantiasa menjaga bangunan tersebut sehingga bangunan tersebut akan selalu ada menjadi kendaraan yang mengantarkan manusia kepada jalan yang benar.

Jika kita jabarkan maka islam memiliki 3 bagian utama.

Yang pertama adalah pondasi dalam bentuk rukun rukunnya yaitu Ibadah-ibadah berupa shalat, zakat, puasa dan haji. Dan akidah, yaitu dua syahadat, iman kepada Allah, iman kepada malaikat, kitab-kitab, para rasul, dan hari kiamat.

Yang kedua adalah bangunan islam yang berdiri diatas rukun rukun yang pertama yang tercermin dalam bentuk konsep (manhaj) kehidupan berupa manhaj ekonomi, politik, militer, pendidikan, akhlak dan sosial.

Dan yang ketiga, dimana dua hal diatas harus dipayungi oleh item item pendukung berupa hukum dan sanksi, sistem amar makruf – nahi munkar serta jihad.

Keseluruhan hal ini adalah bangunan Islam yang tidak tertandingi kekokohan dan kemegahannya.

#themarbots #marbotmuda #marbotnusantara

Hakikat Takwa

umws in Ilmu Dakwah, Tazkiyatun Nafs
  ·   49 sec read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *